Artikel

Potensi Industri Pertanian Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir

Desa Sendangarum merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Kecamatan Minggir terkenal sebagai sentra kerajinan anyaman yang dibuat menggunakan bahan berupa bambu, eceng gondok, hingga mendong. Dusun Soromintan yang berada di Sendangarum bahkan sudah dikukuhkan menjadi sentra kerajinan anyaman dengan bahan baku bambu oleh Pemerintah Kabupaten Sleman.

Sektor anyaman ini merupakan hasil alih sumber ekonomi dari sektor pertanian ke sektor industri kerajinan. Awalnya sektor ekonomi berpusat di hasil pertanian, sebelum akhirnya bergeser ke sektor industri. Majunya sektor kerajinan anyaman tentunya akan memberi peluang bagi industri di bidang lain seperti industri pengolahan makanan. Melihat bahwa sektor pertanian di Sendangarum adalah salah satu sektor andalan, tentu masih banyak potensi di sektor ini yang dapat dikembangkan.

Luas wilayah Desa Sendangarum merupakan yang terkecil di Kecamatan Minggir, untuk itu perlu strategi dalam mengembangkan potensi pertanian di wilayah ini. Teknologi pengolahan makanan dari bahan palawija yang ditanam disela tanaman padi dapat menjadi alternatif sumber ekonomi sekaligus sebagai upaya dalam penanggulangan hama tikus. Produk olahan makanan ini dapat dikombinasikan dengan hasil kerajinan anyaman bambu menjadi sebuah produk jadi dengan anyaman bambu sebagai kemasannya untuk meningkatkan nilai jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *